Syarat dan Ketentuan

Ketentuan Umum dan Syarat-Syarat Layanan PayPro

Ketentuan umum dan syarat-syarat Layanan PayPro ini ("Ketentuan dan Syarat") berlaku dan mengikat bagi Pelanggan (sebagaimana didefinisikan dibawah ini) serta Perusahaan (sebagaimana didefinisikan dibawah ini).

1. DEFINISI
1.1 "Agen PayPro" atau "Agen" adalah badan usaha atau perorangan yang bermaksud melakukan kerjasama dengan Perusahaan (sebagaimana didefinisikan dibawah ini) sehingga Pelanggan (sebagaimana didefinisikan dibawah ini) dapat menggunakan Layanan PayPro (sebagaimana didefinisikan dibawah ini) ketika melakukan Transaksi (sebagaimana didefinisikan dibawah ini) di outlet/gerai/toko Agen;
1.2 "Akun Pelanggan" adalah akun Uang Elektronik (sebagaimana didefinisikan dibawah ini) milik Pelanggan yang terdapat pada Sistem PayPro (sebagaimana didefinisikan dibawah ini) yang mempresentasikan besaran dana atas nama Pelanggan tersebut yang tersimpan dan tercatat di Sistem PayPro dalam sebuah Nomor Akun (sebagaimana didefinisikan dibawah ini);
1.3 "Aplikasi" adalah sebuah antarmuka/ saluran komunikasi (channel) antara Pelanggan dengan Sistem PayPro atas terjadinya suatu Transaksi baik yang dikembangkan dan dikelola oleh Perusahaan maupun pihak lain yang bekerjasama dengannya;
1.4 "ATM Bank" adalah perangkat anjungan tunai mandiri dan/ atau automatic teller machines yang dioperasikan oleh pihak perbankan yang telah bekerjasama dengan Perusahaan;
1.5 "Batas Dana" adalah jumlah maksimal dana yang ditetapkan Perusahaan berdasarkan hukum yang berlaku untuk ditampung dalam setiap Akun Pelanggan, termasuk setiap perubahannya dari waktu ke waktu;
1.6 "CDD" atau "Customer Due Dilligence" adalah proses identifikasi dan verifikasi calon pelanggan oleh Perusahaan sesuai dengan kebijakannya berdasarkan hukum yang berlaku;
1.7 "Force Majeure" adalah kejadian kejadian di luar kekuasaan Perusahaan yang mengakibatkan terhenti atau tertundanya pelaksanaan kewajiban Perusahaan berdasarkan Ketentuan dan Syarat ini, termasuk namun tidak terbatas pada: gangguan petir, gempa bumi, angin topan, kebakaran, perang, ledakan, banjir, tsunami, sabotase, huru hara atau kebijakan pemerintah/ regulator atau tindakan pihak ketiga yang berada di luar kekuasaan Perusahaan;
1.8 "Galeri Indosat Ooredoo" adalah tempat pelayanan Pelanggan yang juga merupakan perwakilan resmi Perusahaan pada lokasi yang telah ditentukan di seluruh Indonesia;
1.9 "Merchant" adalah badan usaha atau perorangan yang melakukan aktivitas perdagangan barang dan/ atau jasa yang telah bekerjasama dengan Perusahaan untuk Layanan PayPro;
1.10 "Nomor Akun" adalah nomor rekening virtual milik Pelanggan dan/ atau Merchant dan/ atau Agen yang merepresentasikan jumlah Uang Elektronik yang tercatat di Sistem PayPro;
1.11 "PayPro" atau "Layanan PayPro" adalah layanan Uang Elektronik yang diterbitkan oleh Perusahaan yang memungkinkan Pelanggan melakukan Transaksi menggunakan Sistem PayPro;
1.12 "Pelanggan" adalah Pelanggan Reguler dan/ atau Pelanggan Premium yang sudah mendaftarkan diri untuk menggunakan Layanan PayPro;
1.13 "Pelanggan Reguler" adalah pelanggan Layanan PayPro yang mendaftar tanpa melalui proses CDD dan memiliki pembatasan manfaat sebagaimana diatur dalam Ketentuan dan Syarat ini;
1.14 "Pelanggan Premium" adalah pelanggan Layanan PayPro yang telah melalui proses CDD dan memiliki kelebihan manfaat sebagaimana diatur dalam Ketentuan dan Syarat ini;
1.15 "Pembayaran Belanja" adalah pembayaran atas pembelanjaan barang dan/ atau jasa yang dilakukan oleh Pelanggan di Merchant yang telah bekerja sama dengan Perusahaan;
1.16 "Pembayaran Tagihan" adalah pembayaran tagihan pascabayar dengan pihak yang bekerjasama dengan Perusahaan, termasuk namun tidak terbatas pada pembayaran tagihan PLN, Telkom, TV Berbayar dan pembayaran tagihan lainnya dimana jumlah layanan pembayaran dapat berubah sewaktu-waktu;
1.17 "Penarikan Saldo (cash out)" adalah proses penarikan saldo akun PayPro Pelanggan Premium yang dilakukan melalui sarana yang diatur dalam Pasal 3.7 Ketentuan dan Syarat ini;
1.18 "Pengisian Saldo (cash in)" adalah proses pengisian saldo akun PayPro oleh Pelanggan yang dilakukan sebagaimana diatur dalam Pasal 3.6 Ketentuan dan Syarat ini;
1.19 "PIN" adalah nomor sandi pribadi yang dibuat oleh Pelanggan untuk tujuan keamanan Akun Pelanggan;
1.20 "Sistem PayPro" adalah sistem yang mengatur seluruh Transaksi dimana setiap pihak yang terlibat dalam Transaksi memiliki sebuah akun virtual yang mempresentasikan jumlah dana yang dimiliki pihak tersebut dalam sebuah Nomor Akun;
1.21 "Transaksi" adalah transaksi Pembayaran Belanja, Pembayaran Tagihan, Pengisian Saldo dan/ atau Penarikan Saldo menggunakan fasilitas Layanan PayPro, di Merchant dan/ atau Agen;
1.22 "Uang Elektronik" adalah alat pembayaran elektronik yang diterbitkan oleh Perusahaan sesuai dengan izin dari Bank Indonesia berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
1.23 "Perusahaan" adalah PT. Indosat Tbk selaku penerbit Uang Elektronik.
2. DEFINISI
2.1 Pelanggan melakukan pendaftaran di Aplikasi dengan memasukkan informasi / data yang diminta sebagai kredensial yang menjadi referensi bagi Perusahaan dalam pembuatan Nomor Akun. Perusahaan akan mengirimkan kode verifikasi kepada Pelanggan melalui media komunikasi Short Massage Service ("SMS") atau media lain yang didaftarkan oleh Pelanggan;
2.2 Setelah itu Pelanggan wajib memasukkan kode verifikasi dan apabila verifikasi berhasil maka Pelanggan wajib mendaftarkan PIN pada Aplikasi untuk tujuan keamanan Akun Pelanggan;
2.3 Dengan melakukan proses registrasi sebagaimana diatur dalam pasal 2.1 dan 2.2 diatas, maka Pelanggan otomatis akan tercatat di Sistem PayPro sebagai Pelanggan Reguler.
2.4 Pelanggan sewaktu-waktu dapat meningkatkan status kepelangganannya menjadi Pelanggan Premium dengan melalui proses CDD;
2.5 Pelanggan harus selalu menjaga kerahasiaan PIN dan tidak boleh memberitahukannya kepada pihak lain dalam keadaan atau dengan cara apapun. Segala akibat yang timbul karena kelalaian, ketidak hati-hatian, atau atas penggunaan atau penyalahgunaan PIN oleh Pelanggan atau pihak ketiga dengan atau tanpa izin dari Pelanggan yang bersangkutan, adalah merupakan beban dan tanggung jawab sepenuhnya dari Pelanggan;
2.6 Penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi registrasi, PIN dan aktivasi serta pelaksanaan CDD diatur di dalam pedoman Layanan PayPro yang merupakan satu kesatuan dengan Ketentuan dan Syarat ini.
3. PENGGUNAAN LAYANAN PAYPRO
3.1 Layanan PayPro hanya boleh digunakan oleh Pelanggan dan tidak dapat dipindah tangankan oleh Pelanggan kepada pihak lain tanpa persetujuan Perusahaan. Segala akibat atau kerugian yang timbul karena kesalahan, kelalaian, ketidak hati-hatian Pelanggan sendiri dalam menggunakan layanan ini adalah merupakan beban dan tanggung jawab Pelanggan sepenuhnya.
3.2 Layanan PayPro tidak dapat digunakan untuk transaksi Pembayaran Belanja di Merchant apabila:
(a). Dana dalam Akun Pelanggan tidak mencukupi;
(b). Akun Pelanggan terblokir atas permintaan pihak berwenang atau terindikasi digunakan untuk kegiatan yang merugikan       Perusahaan dan/ atau orang lain.
3.3 IDalam hal Pelanggan melanggar sebagian atau seluruh Ketentuan dan Syarat ini, maka Perusahaan berhak untuk:
(a). Menolak setiap Transaksi yang dilakukan Pelanggan;
(b). Menutup dan/atau mengakhiri dan/ atau memblokir Layanan PayPro untuk Pelanggan bersangkutan.
3.4 Perusahaan, dengan tetap memperhatikan ketentuan perundang undangan yang berlaku, berhak menetapkan serta merubah Batas Dana sewaktu-waktu melalui pemberitahuan tertulis (melalui sms maupun notifikasi tertulis lainnya) kepada Pelanggan.
3.5 Pelanggan tidak mendapatkan bunga atas penempatan dananya di Akun Pelanggan.
3.6 Pelanggan dapat melakukan Pengisian Saldo (cash in) dari Akun Pelanggan melalui fasilitas dan cara sebagai berikut:
(a). Melalui ATM Bank, Pilih menu "Transfer Ke Bank Lain" lalu masukkan kode bank "789" dan Nomor Akun sebagai nomor       rekening tujuan;
(b). Melalui Galeri Indosat Ooredoo dan/ atau Agen, Datang ke Galeri Indosat Ooredoo dan/ atau Agen PayPro lalu lakukan       permintaan setor tunai (cash in) PayPro dengan memberikan informasi Nomor Akun dan sejumlah uang yang akan disetor;       atau
(c). Fasilitas lainnya yang akan diberitahukan oleh Perusahaan dari waktu ke waktu.
3.7 Pelanggan Premium dapat melakukan Penarikan Saldo (cash out) dari Akun Pelanggan melalui fasilitas dan cara sebagai berikut:
(a). Mentransfer saldo yang tersedia di Akun PayPro Pelanggan ke nomor rekening bank;
(b). Melalui Galeri Indosat Ooredoo dan/ atau Agen; Datang ke Galeri Indosat Ooredoo dan/ atau Agen PayPro lalu lakukan       permintaan tarik tunai (cash out) dengan memberikan informasi Nomor Akun dan uang yang akan ditarik; atau
(c). Fasilitas lainnya yang akan diberitahukan oleh Perusahaan dari waktu ke waktu.
3.8 Apabila Layanan PayPro:
(a). Telah berakhir atau ditutup sebagaimana diatur pada Ketentuan dan Syarat ini dan masih terdapat sisa dana di Akun       Pelanggan, atau;
(b). Tidak ada Transaksi apapun dalam Akun Pelanggan selama 6 (enam) bulan berturut-turut,
      maka Perusahaan berhak memotong dana dalam Akun Pelanggan dengan biaya administrasi sebesar Rp. 5000 (lima ribu       rupiah) per bulan tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu.
4. MASA BERLAKU & PENGAKHIRAN LAYANAN PAYPRO
4.1 Layanan PayPro yang dimaksud dalam Ketentuan dan Syarat ini tetap berlaku sepanjang tidak diakhiri oleh salah satu pihak sebagaimana diatur dalam Ketentuan dan Syarat ini;
4.2 Layanan PayPro akan berakhir karena sebab-sebab sebagai berikut:
(a). Diakhiri oleh Pelanggan setiap saat dengan mengisi form penutupan yang tersedia di Galeri Indosat Ooredoo;
(b). Diakhiri secara seketika oleh Perusahaan, apabila menurut pertimbangan Perusahaan, Pelanggan telah melanggar Ketentuan       dan Syarat ini dan/ atau bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia;
(c). Pelanggan meninggal dunia, pailit dan/ atau dipailitkan; atau
(d). Atas permintaan pihak berwenang karena pihak berwenang menganggap bahwa Pelanggan telah melanggar perundangan       yang berlaku.
4.3 Pelanggan dengan ini sepakat untuk mengesampingkan Pasal 1266 pada Kitab Undang-undang Hukum Perdata.
4.4 Pelanggan dengan ini menyatakan bertanggung jawab sepenuhnya dan karenanya membebaskan Perusahaan dari segala tuntutan dan/atau gugatan dalam bentuk apapun dari pihak ketiga manapun termasuk suami/istri/ahli waris Pelanggan sehubungan dengan proses pendebetan, penutupan dan/atau pembatalan dan/atau pemblokiran Layanan PayPro Pelanggan berjanji tidak akan melakukan suatu tindakan apapun yang membatasi atau mengurangi hak-hak Perusahaan berdasarkan Ketentuan dan Syarat ini.
5. BATAS TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN
5.1 Pelanggan berjanji tidak akan menuntut Perusahaan atas segala kerugian tidak langsung termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan keuntungan, kehilangan pendapatan atau kehilangan kesempatan maupun kerugian immateriil lainnya termasuk karena tuntutan dari pihak manapun yang timbul karena penggunaan Layanan PayPro, penyalahgunaan PIN oleh Pelanggan atau pihak lain;
5.2 Perusahaan hanya berkewajiban untuk menanggung kerugian langsung yang diderita Pelanggan sepanjang dapat dibuktikan karena kesalahan Perusahaan, dengan jumlah maksimum sebesar jumlah nominal Transaksi yang bermasalah;
5.3 Perusahaan dibebaskan dari kewajibannya berdasarkan Ketentuan dan Syarat ini apabila terjadi Force Majeure atau karena tindakan pihak ketiga atau karena peraturan pemerintah yang menyebabkan Perusahaan tidak bisa memberikan Layanan PayPro.
5.4 Perusahaan dapat membuat perubahan atas Ketentuan dan Syarat Layanan ini sewaktu-waktu. Perubahan atas kebijakan penggunaan atas Ketentuan dan Syarat ini akan dimuat pada Aplikasi PayPro. Perubahan akan berlaku efektif saat dipublikasikan. Pelanggan memahami dan setuju bahwa penggunaan Layanan PayPro oleh Pelanggan sesudah tanggal publikasi perubahan Ketentuan dan Syarat akan dianggap sebagai persetujuan Pelanggan atas perubahan Ketentuan dan Syarat. Jika Pelanggan tidak setuju dengan perubahan Ketentuan dan Syarat, Pelanggan harus mengakhiri hubungan Pelanggan dengan Perusahaan
6. HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN
6.1 Ketentuan dan Syarat ini dibuat dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia;
6.2 Segala perselisihan yang timbul berkenaan dengan Layanan PayPro akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat. Dalam hal tidak tercapai kata mufakat maka Perusahaan dan Pelanggan setuju untuk menyelesaikan permasalahannya melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
7. LAIN-LAIN
7.1 Pelanggan setuju untuk sewaktu-waktu menerima penawaran/informasi terkait dengan produk-produk marketing yang dikeluarkan oleh Perusahaan dan/atau bekerjasama dengan pihak ketiga
7.2 Pelanggan menyatakan tunduk dengan kebijakan privasi (privacy policy) sebagaimana terdapat dalam situs situs ini sepanjang tidak bertentangan dengan Ketentuan dan Syarat ini.